All New Fortuner Diklaim Lebih Joos



RODA GILAZ - Pekan depan, All New Fortuner dikabarkan siap menyapa penggemarnya di Indonesia. Toyota pun menjanjikan perubahan yang cukup siginifikan pada generasi terbaru dari Fortuner ini. Perubahan yang terjadi pada spesifikasi SUV terbaru dari Toyota itu salah satunya pada varian mesin bensin berupa New TR.



Seperti dilansir dari laman detikOto, Sabtu (16/1), Direktur Teknikal dan Manajemen Perencanaan Proyek Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Yui Hastoro menjelaskan bahwa mesin New TR yang akan digunakan pada All New Fortuner lebih unggul dalam sistem kompresi serta beberapa lubricant komponen yang low friction.

Dalam mengembangkan teknologi low friction tersebut, Toyota Indonesia bekerjasama dengan Toyota Motor Company (TMC) di Jepang serta Pertamina Indonesia.

“Yang berbeda pada mesin New TR dengan yang sebelumnya pertama itu sistem kompresinya. Kompresinya kita improve lebih efisien. Kedua kita adopt dengan low friction, jadi semua konsep, semua komponen itu ataupun lubricant itu low friction,” kata Yui.

“Bahkan sampai ke oli mesinnnya sendiri kita develop bersama TMC dan Pertamina untuk low friction lubricant. Jadi dengan adanya low friction lubricant itu dengan kompresi yang lebih efisien, efisiensi bahan bakar lebih bagus,” imbuhnya.

Pada generasi sebelumnya, Toyota Fortuner mengusung mesin 2 TR berkapasitas 2.700 cc. Dan untuk All New Fortuner ini, Toyota masih menggunakan mesin berkapasitas sama, yaitu 2.700 cc serta masih menggunakan silinder blok yang sama.

Namun dengan penerapan teknologi low friction, All New Toyota Fortuner diklaim akan lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Diklaim bahwa mesin New TR pada All New Fortuner bisa mengirit bahan bakar hingga 10 persen.

“Kapasitas engine sama, bloknya sama. Sistem kompresinya lebih efisien. Sistem pembakaran lebih sempurna jadi tidak perlu bensin yang terlalu banyak untuk ruang bakarnya. Kalau penurunannya sih di fuel efficiency, kira-kira 10 persen,” tandas Yui.

Kehadiran Toyota All New Fortuner di Indonesia memang sudah lama ditunggu-tunggu. Generasi baru Toyota Fortuner ini akan bersaing dengan Mitsubishi All New Pajero Sport di segmen SUV. (*)

sumber : semisena.com
Share on Google Plus

About Roda Gila

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment