Ini Nih Tips Biar Gaji Awet Gak Cepat Bablas di Tanggal Muda



RODA GILAZ – Banyak orang yang mengeluhkan gajinya cepat habis, padahal baru saja gajian. Banyak di antara kita, mungkin kamu dan lainnya, yang sering kehabisan gaji, dan harus ngutang.

Padahal baru lima hari nerima gaji, sudah amblas, istilahnya “Gaji 5 koma” (lima hari langsung koma).

Kondisi ini terjadi lantaran tak adanya manajemen dalam pengelolaan keuangan kamu-kamu (mungkin termasuk saya :D saat belum kawin). Nah ini ada tips yang diberikan salah satu pakar keuangan.


Ada lima langkah agar gaji awet, dan gak cepat amblas di tanggal muda.

1. Alokasikan 40 persen dari gajimu untuk kebutuhan pokok.
Kita asumsikan gaji sebesar Rp 10 juta setiap bulan. Sisihkan 40 persen dari Rp 10 juta, yakni sekitar Rp 4 juta untuk kebutuhan-kebutuhan pokok, seperti makan, bayar listrik, air, telepon, dan biaya sekolah anak, dan lainnya. Jika sudah diplot ini, jangan ganggu gugat lagi, karena nanti pengelolaan keuangannya bisa kocar-kacir.

2. Siapkan maksimal 20-30 persen dari gaji untuk bayar cicilan.
Ini berlaku bagi yang mempunyai cicilan. Seperti cicilan motor/mobil, cicilan rumah, kredit di bank atau lainnya. Artinya jika maksimal cicilan adalah 20 persen dari gaji, yakni sekitar Rp 2 juta rupiah dari total gaji yang diasumsikan sebesar Rp 10 juta per bulan. Sehingga masih ada sisa gaji sebesar Rp 4 juta. Tapi jangan langsung dihabiskan semua, masih ada lagi.

3. Sisihkan minimal 10 persen gaji untuk nabung/investasi.
Setelah jatah untuk kebutuhan pokok dan cicilan/angsuran sudah disiapkan, giliran Anda menyiapkan alokasi dana untuk tabungan atau investasi. Ini penting untuk masa depan dan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak. Sisihkan minimal 10 persen dari gaji, atau Rp 1 juta. Sehingga masih ada Rp 3 juta, sisa gaji.
Alokasi untuk menabung dan investasi bisa semakin besar, jika besaran cicilan/angsuran semakin kecil. Apalagi jika tak punya cicilan sama sekali, nabungnya harus lebih besar.

4. Dana untuk sosial 5 persen dari gaji.
Kita tidak bisa lepas dari kehidupan sosial, karena di dunia ini tak bisa hidup sendiri. Seringkali ada iuran warga, sumbangan kematian, jenguk orang sakit, nyumbang kawinan, dan lain-lain. Nah siapkan maksimal 5 persen dari gaji, atau sekitar Rp 500 ribu dari total gaji yang Rp 10 juta tadi. Sehingga masih ada sisa gaji Rp 2,5 juta.

5. Sisa gaji untuk shoping dan kebutuhan lain.
Jika semua alokasi dana sudah terpenuhi, sisanya bisa untuk kegiatan lain. Baik untuk refreshing/piknik, belanja dan lain-lain. Masih ada Rp 2,5 juta yang cukup untuk selama satu bulan. Dana ini juga bisa untuk menutup jika sewaktu-waktu dana untuk kegiatan sosial tak cukup. Misalnya pas musim kawinan, maka pasti kebutuhan untuk kondangan akan membeludak.

Ini saja tips untuk membuat gaji Anda tak cepat bablas, dan masih bisa menabung. Semoga bermanfaat. (RG)
Share on Google Plus

About Roda Gila

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment