9 Maret 2016 Nanti Gerhana Matahari Total Hanya Terjadi di Indonesia



RODA GILAZ – Pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang, di Indonesia akan terjadi fenomena alam yang langka, yakni gerhana matahari total. Yang lebih sepesial lagi, di dunia, hanya Indonesia yang nantinya akan dilewati gerhana matahari ini.

foto : liputan6.com

Artinya, hanya orang-orang di Indonesia saja yang bisa melihat fenomena alam ini. Di Indonesia gerhana matahari total terakhir terjadi pada 24 tahun lalu, yakni pada tanggal 24 Oktober 1995. Sehingga fenomena ini cukup langka.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pun mengimbau agar masyarakat tak perlu takut saat terjadi gerhana matahari. Bahkan Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menyarankan agar fenomena itu dinikmati, karena langka.

Gerhana matahari total menjadi istimewa karena atmosfer matahari atau korona  yang berwarna indah itu bisa dilihat dengan mata langsung, selama menggunakan kacamata pelindung ultraviolet. Sebab bila bukan saat gerhana, korona itu tidak bisa dilihat.

"Pada saat matahari tertutup, korona atau mahkota matahari bisa terlihat dengan indah. Kalau hari-hari biasa nggak bisa dilihat karena kalah oleh cahaya matahari yang terang. Warnanya indah sekali, merah, hijau, kuning gitu," kata Thomas kepada detik.com.

Thomas mengatakan gerhana matahari total hanya dapat diamati dari daerah yang dilintasi bayangan umbra Bulan. Pada 9 Maret 2016 mendatang, hanya Indonesia satu-satunya negara yang  dilitasi bayangan tersebut, sehingga harusnya keindahannya disaksikan dan dinikmati.

"Kita harus sosialisasi kepada masyarakat kalau melihat fenomena gerhana matahari itu aman asal tidak terlalu asik melihatnya. Jadi jangan ada lagi pembohongan massal seperti tahun 1983, gerhana matahari berbahaya, orang-orang disuruh masuk ke dalam rumah, jendela-jendela rumah dikunci," ucap Thomas.


Memang pada saat gerhana matahari total pada 1983 lalu, terjadi susasana yang cukup mencekam di melewati Jawa dan Sulawesi. Saat itu terjadi 'kehebohan' dan suana sedikit mencekam. Jalan-jalan sepi karena warga dilarang keluar rumah. Ada informasi yang beredar kalau melihat gerhana bisa membuat mata buta. Pemerintah meliburkan kegiatan, warga diimbau untuk berada di dalam rumah dan menyaksikan siaran gerhana melalui televisi. Bahkan di kampung-kampung pintu rumah dikunci dan jendela ditutup.

"Gerhana matahari total 9 Juni 1983 jalurnya lewat Jawa dan Sulawesi. Orang-orang disuruh masuk ke dalam rumah, jendela-jendela rumah dikunci," kata dia.

Pada gerhana matahari tahun 2016 ini, akan melewati sebelas provinsi di Indonesia. Yakni Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Gerhana matahari total akan berlangsung selama tiga menit di Indonesia bagian timur yakni mulai pukul pukul 09.00 waktu setempat. Sedangkan di bagian barat akan berlangsung sekitar 2 menit pada pukul 07.30 WIB.


Sedangkan daerah lainnya di Indonesia, termasuk di Pulau Jawa hanya akan menyaksikan gerhana matahari sebagian. (RG)
Share on Google Plus

About Roda Gila

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment