Peminat Pajero Sport Menurun, Brio Justru di Atas Angin



RODAGILAZ – Mobil SUV Mitsubishi Pajero Sport mengalami penurunan popularitas di kelas mobil bekas. Yang mengejutkan, posisi Pajero Sport yang sebelumnya mendominasi, kini justru tergusur oleh Honda Brio di kelas low class. Bahkan popularitas Honda Brio terus melejit dan diyakini akan menjadi the next Honda Jazz.

Hal ini berdasar riset yang dilakukan Carmudi Indonesia, dalam rentang tahun 2014-2016. Dalam rilisnya Carmudi Indonesia menyebut, mobil tipe SUV sebagaimana Mitsubishi Pajero memiliki penurunan minat masyarakat dan digantikan Honda Brio.

Meski demikian, dari riset itu ditunjukkan bahwa tipe mobil bekas paling favorit adalah Toyota Avanza, Honda Jazz dan Honda CRV.  Hal ini dikarenakan adanya perubahan minat masyarakat terhadap jenis mobil bekas.

Jika tahun 2015 mobil tipe MPV adalah yang paling menarik, lain halnya di tahun 2016. Kini SUV menjadi tipe mobil yang paling digemari, disusul dengan MPV dan Hatchback.


“Namun menariknya, hasil riset menyatakan mobil seperti Toyota Kijang Innova merupakan tipe mobil yang sesungguhnya sangat digemari. Hal tersebut dikarenakan masyarakat sangat mengutamakan faktor efisiensi yakni mencari kendaraan yang dapat digunakan untuk individu, kepentingan pekerjaan dan keluarga,” kata Subir Lohani, CEO Carmudi Indonesia.

Ia menyebut, Toyota, Honda dan BMW adalah merk mobil yang paling mendominasi produksi di pasaran sepanjang tahun 2014 – 2015 silam. Namun pada rentang tahun 2015 – 2016, yang menjadi juara pasar mobil baru adalah Toyota, Honda dan Daihatsu. (BMW Siapkan 5 Model Khusus untuk Indonesia)
Untuk kategori mobil bekas, Toyota menjadi merk yang paling menjadi favorit dengan penjualan tertinggi di Tanah Air, lalu disusul Honda dan Daihatsu di posisi ketiga. Fakta menariknya adalah, terdapat kenaikan rasio minat masyarakat dalam membeli mobil bekas dibandingkan tahun lalu. Rasio minat mobil bekas 2015 hanyalah sebesar 13% namun di tahun ini menjadi 87%.

Tren Warna Paling Disukai
Pada segmen mobil baru, warna Putih, Hitam dan abu - abu masih menjadi preferensi mobil masyarakat Indonesia di tahun 2015-2016 namun meskipun begitu jumlahnya mengalami penurunan pada warna putih dan hitam. Tercatat bahwa warna putih sebesar 36%, hitam 22%, dan abu-abu 21%.
Di segmen mobil bekas tahun 2015-2016, warna hitam dan warna abu-abu mengalami penurunan. Tercatat bahwa preferensi mobil masyarakat Indonesia atas warna hitam sebesar 32%, abu-abu 30%, dan putih 17%. Lebih sulit untuk dirawat merupakan salah satu faktor bahwa warna hitam mengalami penurunan.
Meski demikian warna hitam masih menjadi favorit karena sangat efektif untuk menyamarkan kondisi tampilan mobil bekas. Perlu diketahui juga bahwa komunitas mobil dengan varian warna tertentu tengah menjamur di Indonesia. Sebagai contohnya adalah Black Car Community dan White Car Community, dll.
Mobil di atas harga Rp 200 jutaan tidak mengalami kenaikan maupun penurunan yang signifikan. Fauzan dari diler Toyota Tunas mengungkapkan, penjualan mobil pada harga ini tetap memiliki pangsa pasar tersendiri.
Hanya saja tidak mengalami seperti yang dialami oleh mobil LCGC. Disimpulkan bahwa Calya merupakan mobil paling populer saat ini, dengan harga di bawah Rp150 Jutaan. Pada segmen mobil bekas justru terjadi sebaliknya.
Di tahun 2016 justru mobil bekas dengan range harga Rp 50 juta-an meningkat (17%-21%). Bily dari Mustika Jaya Motor menerangkan bahwa mobil bekas yang menjadi preferensi mobil masyarakat Indonesia di pasaran justru pada range harga Rp100-150 juta. “Kalo yang dibawah Rp100 juta, orang-orang pikir mending beli mobil LCGC baru,” terang Bily. (*)
Share on Google Plus

About Roda Gila

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment