Toyota Persiapkan Lahirnya Veloz Versi SUV "Tigre"

Roda Gilaz - Kehadiran Veloz Tigre, hasil modifikasi dari tim desain Toyota Astra Motor Indonesia (TAM) yang ada di booth pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, mengundang rasa penasaran. Apakah ini hanya sekedar produk pajangan atau akan terlahir sebagai sebuah varian baru dari keluarga Veloz?

PT Toyota Astra Motor (TAM) tak memungkiri, konsep Veloz Tigre yang dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu mendapat sambutan positif. Kendati demikian, kelahirannya masih menjadi salah satu topik bahasan internal.




Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM dalam sebuah kesempatan, belum lama ini, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mempelajari lebih jauh kemungkinan dilahirkannya Veloz Tigre. Tahun ini selesai? ”Belum tahu. Terus kami pelajari kemungkinannya seperti apa,” kata Henry dilangsir KompasOtomotif.

Memang, buat menelurkan varian baru, banyak pertimbangan bagi TAM, terutama bagaimana caranya agar tidak ada ”saling makan” antara produk Toyota satu dengan yang lainnya.

Misalnya, Veloz Tigre menabrak pasar Rush, atau Yaris Heykers. Pasalnya dengan ground clearance lebih tinggi, penambahan skid plate, sampai roof rail, membuat Veloz lebih tampak seperti sebuah sport utility vehicle (SUV).

Dalam GIIAS 2016 lalu, TAM mengeluarkan model modifikasi dari varian multi purpose vehicle (MPV), Veloz Tigre. Penambahan nama “Tigre” merupakan representasi dari sebuah desain, yang terinspirasi dari wajah Harimau yang sedang marah.

Rancangan desain modifikasi ini cukup signifikan, di mana tuangan tema “Tough and Advance”, membuat tampilan Veloz cukup berbeda dari rupa aslinya. Proyek modifikasi ini digarap oleh tim desain dari TAM, dengan berkoordinasi dengan divisi terkait.




“Veloz Tigre ini kami rancang dan modifikasi khusus untuk event di Gaikindo Indonesia Internaitional Auto Show (GIIAS) 2016. Ini diharapkan bakalan jadi satu daya tarik pengunjung. Biaya yang dikeluarkan dari desain sampai jadi berkisar di angka Rp 200 juta,” ujar Mifta Farid Sah Putra, Officer Styling Design Section Department TAM.

Sekujur tubuh Veloz Tigre disemburkan warna sonic titanium, sementara pada bemper depan dikombinasikan dengan aksen red mica cristal shine. Kemudian head lamp projector dibuat berwarna hitam, di mana memberikan kesan garang dan gagah.

Pada bagian belakang, ubahan dilakukan pada baian rear roof spoiler dengan dengan High Mounted Stop Lamp (HMSL). Lalu rear backdoor garnish, bemper belakang, serta tail lamp dengan cover hitam. Penyemurna modifikasi dipasangkan pelek alloy wheel 16 inci. (*)
Share on Google Plus

About Pecel Lele Mas DEN

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment