WOW... di Jepang Orang Ramai-ramai Bakar Rumah Sendiri


RODA GILAZ - Bagi sebagian orang, rumah terbakar merupakan musibah yang sangat merugikan. Namun beda bagi sebagian warga di Jepang. Mereka bahkan dengan sengaja membakar rumah mereka sendiri. Bahkan dalam satu hari saja bisa terjadi hingga ratusan rumah yang terbakar.

ilustrasi

Meski ada penyebab lain, yakni karena korsleting atau terpicu putung rokok, namun kebakaran yang disengaja menjadi penyebab terbanyak. Kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Alasannya, karena ingin mendapatkan asuransi. Himpitan ekonomi menjadikan beberapa warga Jepang kalap mata, dengan membakar rumah mereka. Agar bisa mendapatkan klaim dari asuransi yang jumlahnya cukup besar.

"Kalau dulu penyebab kebakaran umumnya karena rokok, tidak sengaja, jatuh ke tatami kering terbakar dan semacamnya karena rokok. Tetapi sekarang penyebabnya berbeda. Kini penyebab kebakaran adalah houka atau disengaja oleh manusia itu sendiri. Selama 15 tahun terakhir ini menjadi penyebab pertama terbanyak kebakaran di Jepang," kata sumber Tribunnews.com, Rabu (30/12/2015).

Sumber itu menyebut, sejak jatuhnya masa gelembung ekonomi di akhir tahun 1990 dan awal 2000, membuat ekonomi Jepang gonjang ganjing. Ditambah lagi kasus Lehman Brothers yang bangkrut, ekonomi Jepang masih terus susah hingga kini.
“Orang banyak yang frustrasi dan akhirnya membakar rumahnya sendiri untuk mendapatkan uang asuransi, berharap tak ketahuan pihak asuransi. Itulah yang dimaksudkan disengaja oleh manusia itu sendiri," jelasnya.

Jumlah warga yang nekat membakar rumahnya sendiri ini tak main-main. Yakni mencapai 12 persen dari seluruh penyebab kebakaran di Jepang, mulai dari Hokkaido sampai ke Okinawa.


Sedangkan penyebab kedua terbanyak yakni kebakaran yang disebabkan kompor di dapur, yang jumlahnya sebanyak 10,1 persen. Penyebab ketiga karena rokok (9,6 persen) dan penyebab keempat karena hal-hal lain seperti korsleting listrik. (RG)
Share on Google Plus

About Roda Gila

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment