Toyota Etios Valco Akan "Dimatikan" dari Pasaran Indonesia


RODA GILAZ - Sejak diperkenalkan di Indonesia pada 2013 lalu, Toyota Etios Valco terlihat kesulitan untuk merebut hati pecinta otomotif. Penjualan city car ini lesu, meski Toyota terus mengembangkan mobil itu tiap tahunnya.

Bahkan dikabarkan Toyota Indonesia akan segera menghentikan produksi dan pemasaran Etios Valco.

Kabar yang beredar Toyota Indonesia akan segera menyuntik mati Etioz Valco dari pasaran mulai 2016 mendatang. Penyebabnya, karena mobil ini sulit untuk dijual. Etioz sulit bersaing dengan city car besutan pabrikan lain, seperti Honda Brio.

Pihak Toyota Indonesia memang masih mengunci rapat-rapat mengenai kabar dimatikannya Etios Valco. Namun indikasi stop produksi mobil  sub-kompak segmen A tersebut terus menguat dari pihak penjual.

Hal ini juga sudah menjadi gunkingan di diler Auto2000. Salah satu pramuniaga Auto2000 di Jakarta, menyebut selain pembelinya yang sedikit, stok Etios Valco sangat sedikit. Alhasil, jika ada pembeli yang menginginkan mobil ini harus rela menunggu hingga satu bulan lebih.

“Pembelinya memang sedikit berkurang. Sekalinya ada, stoknya yang tidak banyak sehingga harus menunggu cukup lama. Tetapi, tergantung warna dan tipe yang dibelinya,” ujar sumber tersebut kepada KompasOtomotif.

Dua tenaga penjual Auto2000 yang dihubungi juga sama-sama mengatakan hal yang sama, yakni ketersediaan barangnya sudah tidak banyak. “Pembelinya tidak banyak lagi. Karena menurut konsumen mending membeli Avanza, karena harganya tidak beda jauh dengan Avanza tipe terendah. Unitnya sudah sedikit, jadi indennya lama bisa satu bulan lebih,” kata tenaga penjual yang menolak disebutkan identitasnya itu.

Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Etios Valco periode Januari-November 2015 mencapai 5.137 unit. Rata-rata perbulan di atas 400 unit, bahkan sempat anjlok ke level 100-an unit di Juni, Juli, dan Agustus.


Pada Maret penjualannya tebus 924 unit. Tapi tiga bulan terakhir atau mulai September hanya 392 unit, Oktober 500 unit, dan November 579 unit. (RG)
Share on Google Plus

About Roda Gila

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment