Jangan Terlalu Sering Cuci Mobil dengan Lift Hidrolik

RODA GILAZ – Musim hujan tiba, jalanan akan dipenuhi dengan genangan dan bahkan lumpur yang terbawa air maupun banjir. Saat musim hujan seperti ini, pemilik kendaraan bermotor terutama mobil akan sering mencuci kendaraan mereka biar selalu terlihat bersih.

Foto : hidroliksteam-indolift.blogspot.com
Karena tak ingin repot, 80 persen dari pemilik mobil akan memilih mencucikan mobilnya ke tempat cuci mobil (car wash), yang memiliki fasilitas lift hidrolik. Karena mobil bisa dicuci dengan bersih, dan kotoran serta partikel-partikel yang menempel di kolong mobil bisa langsung bersih.

Namun jangan terlalu sering mencuci mobil dengan lift hidrolik, karena bisa berdampak fatal pada komponen mobil Anda. Dilansir dari Carmurdi, mencuci mobil menggunakan lift hidrolik disarankan hanya dua kali saja dalam sebulan. Karena jika terlalu sering, maka fungsi suspensi mobil akan terganggu.

Pencucian dengan lift hidrolik terlalu sering dapat membuat komponen suspensi mobil melemah. Pada saat mobil diangkat, sistem suspensi dan kemudi mobil yang dalam kondisi menggantung dapat mengganggu kestabilan mobil karena spooring dan balancing dapat berubah. “Mencuci mobil menggunakan lift hidrolik disarankan maksimal dua kali dalam sebulan,” kata Umar, montir dari salah satu bengkel dan dealer rekanan Carmudi.



Sehingga disarankan mencuci mobil Anda sendiri untuk setiap harinya saja. Dan jika terpaksa, karena tak punya waktu luanbg, maka cari tempat cuci yang tak menggunakan lift hidrolik. Gunakan fasilitas lift hidrolik sebisa mungkin hanya dua kali dalam sebulan. Fungsinya untuk membersihkan kotoran di kolong mobil, serta partikel-partikel lain yang bisa memicu timbulnya karat. (RD)
Share on Google Plus

About Roda Gila

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment