Ini Bahaya jika Terlalu Sering Mencuci Mobil


RODA GILAZ – Bagi sebagian pengguna mobil, musim hujan merupakan saat yang paling menyusahkan. Bagaimana tidak, setiap hari hujan selalu turun, dan mobil harus sering dicuci biar selalu terlihat bersih dan kinclong.

Foto : motormobile.net
Namun ternyata anggapan ini salah. Mencuci mobil terlalu sering justru bisa membahayakan kendaraan Anda. Terlalu sering mencuci mobil, membuat body ataupun mesim mobil menjadi lembab. Kalau sudah lembab seperti ini, maka biang karat dan jamur akan singgah.

Sehingga disarankan, mencucikan mobil hanya seminggu sekali. Itu pun hanya dicuci sendiri di rumah. Selain itu, bawa juga mobil Anda ke tempat pencucian mobil sekali atau dua kali dalam sebulan, untuk dicuci secara menyeluruh.

Dilansir Carmurdi, mobil yang lembab akibat sering dicuci membuat karat dan jamur akan menempel. Meski demikian, jangan juga membiarkan mobil Anda tak dicuci, setelah terkena air hujan.

Karena air hujan dan kotoran yang menempel di rongga sasis dan komponen-komponen suspensi bisa mengakibatkan oksidasi pada besi, yang menimbulkan karat.  Dan jamur yang timbul oleh butir air hujan yang menempel pada mobil, membuat cat mobil terlihat kusam dan cukup susah untuk mengembalikan cat mobil yang kusam.

Langkah yang paling mudah aman yakni, meluangkan waktu untuk sekadar membasahi dan mengelap mobil 15 menit, setelah mobil kehujanan. Pilih sampo mobil yang busanya tidak terlalu banyak, karena busa yang banyak justru berdampak buruk untuk warna cat mobil.

Sampo mobil hanya digunakan jika mobil Anda benar-benar kotor. Tips terakhir, rajinlah cek kebersihan engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin dan lainnya karena bagian-bagian inilah penyakit mulai mudah timbul mengingat air hujan atau bekas cucian sering tertinggal.


“Bagi sebagian pemilik kendaraan, musim hujan berarti lebih sering mencuci kendaraan mereka. Sepanjang dilakukan secara benar dan tidak dilakukan terlalu sering, hal tersebut sah-sah saja. Mencuci mobil menyeluruh sebaiknya hanya dilakukan seminggu sekali. Untuk sehari-hari, Anda cukup mengelap body kendaraan yang basah, agar tidak lembab,” kata Gunnar Rentzsch, Co-Founder Carmudi Indonesia. (RD)
Share on Google Plus

About Roda Gila

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment