Ertiga Diesel Hybrid Dipasarkan di Indonesia Seharga Rp 219,5 Juta

Roda Gilaz – Varian terbaru dari Suzuki Ertiga yang telah lama ditungu-tunggu kini mulai meluuncur di Tanah Air. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Ertiga diesel, tak hanya sekadar bermesin diesel tapi varian terbaru ini juga mengusung teknologi hybrid.
 
Mobil yang dijuluki Suzuki Ertiga Diesel SHVS itu mengusungu teknologi yang sebenarnya lebih pada mild hybrid. Mobil ini digadang-gadang akan menjadi rajanya MPV tujuh penumpang yang sangat irit dan kuat. Daya konsumsi BBM dengan sistem hybrid ini bisa mencapai 24,52 km/liter.

Di Indonesia, mobil ini mulai pasarkan dengan banderol yang tidak terpaut jauh dengan Ertiga bensin, yakni sekitar Rp 219,5 juta on the road Jakarta.

Kompas Otomotif
"Hari ini untuk Jakarta, kita pasarkan Rp 219,5 juta. Setelah ini baru kita gilir ke kota-kota lain secara bertahap. Ini bagian dari strategi marketing yang kami terapkan, total ada 10 kota besar nantinya," ucap Donny dikutip dari KompasOtomotif, Selasa (7/2/2017).

Ertiga diesel hyubrid mengusung mesin 1.300 cc DOHC dan teknologi Diesel Direct Injection System (DDiS). Dikolaborasikan dengan transmisi manual lima percepatan mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 89 PS dan torsi 200 Nm, bila dibandingkan dengan versi bensin torsinya jauh lebih besar.

"Peluncuran new Eritga Diesel Hybrid merupakan upaya untuk terus memberikan inovasi kepada masyarakat. Teknologi hibida ini merupakan yang pertama di kelasnya," ujar Setiawan Surya, Deputy Managing Director 4W SIS dalam seremoni peluncuran.
Selain menjadi satu-satunya low MPV yang menggunakan mesin diesel, Ertiga juga menjadi mobil hybrid termurah yang dipasarkan di Indonesia.

"Dengan harga Rp 219,5 juta itu hanya selisih Rp 5,5 juta dengan Ertiga bensin tipe GX MT. Bisa dibilang dengan mesin diesel dan hibrida harga ini sangat kompetitif," ucap Harold Donnal, Head of Brand Development and Marketing Research 4W SIS di waktu yang sama.


Autonetmagz mengulas, di India, Suzuki Ertiga Diesel hybrid jadi menggiurkan karena ia bisa meraih konsumsi BBM 24,52 km/liter berdasarkan Sertifikasi ARAI, alias lebih baik 44% daripada Ertiga bensin di atas kertas. Ertiga diesel SHVS memakai mesin turbodiesel 1.300 cc 4 silinder DdiS berkode D13A, dikawinkan dengan pelbagai komponen macam Integrated Strater Generator (ISG), baterai/aki dengan spek yang lebih tinggi dan lain-lain.



ISG akan menggantikan tugas alternator konvensional dan membantu pergerakan mesin dieselnya. SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) akan menggunakan berbagai macam sistem yang membantu mengejar efisiensi maksimum. Misalnya, Torque Assist, di mana ISG akan mendapat tenaga dari baterai untuk membantu akselerasi mesin diesel dengan torsi instan yang dimiliknya. Akselerasi bisa lebih spontan tanpa harus membakar BBM sebanyak biasanya.

Ada pula Brake Energy Recuperation, sistem yang akan melahap energi pengereman untuk diubah jadi energi listrik dan disimpan ke dalam baterai, yang nantinya akan dipakai lagi oleh ISG untuk menggerakkan mobil. Selain itu, ada fungsi Idle Engine Start-Stop untuk mematikan mesin saat mobil berhenti total dan menghidupkannya saat hendak berjalan kembali. Syaratnya, mobil harus berhenti sempurna, persneling di netral, dan gas harus dilepas. Jika anda injak kopling, mesin akan menyala.

Hanya saja, Ertiga diesel SHVS, hanya tersedia dalam transmisi manual saja. Sebagai standar, ada gear shift indicator yang memberi tahu kita kapan untuk turun atau naik gigi. Oh ya, Suzuki Ertiga diesel SHVS punya tenaga 90 PS dan torsi raksasa 200 Nm. Tenaganya bukan yang paling baik, namun torsinya jangan dipandang sebelah mata. (RDG)
Share on Google Plus

About Pecel Lele Mas DEN

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment